Book Request – SewaBusBali.com

  • SewaBusBali.com didukung oleh tim profesional yang telah terlibat dalam kegiatan pariwisata selama lebih dari 15 tahun ketika komunikasi Internet mungkin baru saja dimulai di sebagian besar negara di dunia.
  • Pemesanan dan pertanyaan Anda dijawab secara pribadi yang fleksibel dan mengacu pada situasi terbaik.
  • Sewa Bus Bali berbasis di Bali dan kami senang bertemu Anda secara pribadi di hotel Anda untuk bantuan lebih lanjut yang mungkin Anda perlukan selama perjalanan Anda di Bali.
  • Merujuk ke lokasi kami, dengan senang hati kami menyambut Anda di kantor kami di Sembung Mengwi Badung.
  • Sewa Bus Bali dikelola oleh Leko Trans Hospitality Service yang terdaftar sebagai perusahaan resmi untuk layanan terkait pariwisata. Jadi, Anda dilayani dan berada di tangan yang tepat.
  • Kami menyediakan kontak telepon atau pesan 24 jam untuk segala bantuan.

Jangan buang waktu Anda…

Segera hubungi kami hot line (WhatsApp): +(62) 81-2397-7705
E-mail: info @ sewabusbali.com untuk informasi lebih lanjut.

PRIVACY POLICY :
Your reservation is absolutely secure, all personal data is encrypted and will be processed in a secure way through secure email. We take the privacy of your personal data very seriously. Your personal information will only be used to process your booking.



    Pilih salah satu layanan kami



    Contoh: Mini bus 12 seats; Bus 45 seats, dll



    tanggal sewa di hari pertama



    Jumlah Peserta: xx Dewasa, xx Anak, xx Bayi

    Data Anda:










    Alamat di Bali





    [motov4_spacer desk_hegiht=”75″][motov4_heading apply_on=”full” weight=”600″ transformation=”uppercase” border=”h_left” border_width=”2″ heading=”BREAKING NEWS” color=”#e32221″ size=”16″ line_height=”24″ border_color=”#e32221″][motov4_spacer desk_hegiht=”15″][motov4_heading html_tag=”h1″ apply_on=”full” weight=”700″ transformation=”capitalize” border=”none” heading=”Temukan berita dan informasi terkini” color=”#313436″ size=”45″ line_height=”55″][motov4_spacer desk_hegiht=”20″ mob_hegiht=”0px”]

    Tim Jaguar hingga Raimas Backbone Dilebur Jadi Satu, Warga Berharap Pulang Kerja Larut Malam Lebih Aman

     

    15 Januari 2022 | 7:10 am

    Rencana Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran untuk membenahi tim khusus patroli yang dibentuk oleh masing-masing polres di wilayahnya memasuki babak baru.

    Pembenahan dilakukan dengan mengevaluasi keberadaan tim patroli seperti Jaguar besutan Polres Metro Depok, Tim Vipers besutan Polres Tangsel, hingga Raimas Backbone milik Polres Metro Jakarta Timur.

    Tim patroli yang dimiliki masing-masing polres di wilayah Hukum Polda Metro Jaya itu kemudian dilebur ke dalam satu tim. Tim baru yang disebut “dream team” tersebut bernama Tim Patroli Presisi Polda Metro Jaya.

    Warga menyambut baik peleburan tim tersebut. Warga berharap, tim baru tersebut membuat mereka makin merasa terlindungi.

    “Malam jadi lebih terlindungi, apalagi track-nya Jakarta Timur itu kan agak panjang, jadi agak save juga saat pulang kerja larut,” ujar Bagus (24), warga Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jaktim, Sabtu (15/1/2022).

    Bagus menilai peleburan ini membuat tim tersebut lebih terkontrol dalam satu naungan. “Harapannya juga semoga lebih cepat lagi penanganannya suatu kasus, karena ada integrasi antara pusat sama daerah,” lanjutnya.

    Warga Tangerang Selatan bernama Virga (30) juga menyambut positif peleburan tim ini. “Kalau begitu kan tupoksi (tugas pokok dan fungsi) mereka jadi makin jelas. Harapannya sih supaya Tim Vipers semakin kuat.

    Dengan dileburnya Tim Vipers ke dream team, semoga Tangsel makin kondusif,” ucap warga Serua, Ciputat, Tangsel itu. Warga Jakarta Barat juga antusias dengan peleburan tim patroli di polres-polres menjadi Tim Patroli Presisi.

    “Kalau harapan saya semoga keamanan makin baik. Baru kemarin aja kejadian balap liar itu kan, nah semakin cepat penanganannya,” ucap Hendrik (36), warga Meruya, Kembangan, Jakarta Barat.

    Kurangi Kemacetan di Palembang, Menhub Budi Minta Kepala Daerah Integrasikan Angkutan Umum

     

    06 Januari 2022 | 8:11 pm

    Arus lalu lintas di Palembang, Sumatera Selatan mulai mengalami kepadatan sejak beberapa tahun terakhir. Hal itu karena jumlah kendaraan, baik roda dua maupun roda empat, di Palembang terus bertambah.

    Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta agar seluruh angkutan umum yang ada di Palembang terintegrasi sehingga mobilitas warga yang menggunakan kendaraan pribadi dapat berkurang.

    Budi pun berharap peran aktif dari Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru dan Wali Kota Palembang Harnojoyo untuk lebih gencar mensosialisasikan penggunaan angkutan massal, baik Light Rail Transit (LRT), bus dan oplet serta angkutan air (perahu getek, speedboat) agar dapat terintegrasi dengan baik Hal itu dilakukan agar minat warga untuk menggunakan angkutan massal menjadi lebih tinggi.

    “Bahwa angkutan massal sangat berguna untuk kota besar, menjadi salah satu untuk mengurangi polusi dan kemacetan,” kata Budi ketika memberikan keterangan pers di Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (6/1/2022).

    Menurut Budi, Palembang adalah kota terlengkap yang memiliki fasilitas angkutan massal. Mulai dari LRT hingga angkutan air. Keberhasilan penggunaan angkutan massal sendiri nantinya akan menjadi percontohan kota lain agar memaskimalkan penggunaan untuk mengurangi polusi serta kemacetan.

    “Saya harap ada kondisi yang baik untuk memberikan harga (tiket angkutan massal) yang terjangkau,” ujarnya. Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengatakan, kepadatan lalu lintas di Palembang kini memang telah mulai dirasakan.

    Sehingga, pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan pemerintah daerah mencari solusi untuk mengurai kemacetan tersebut.

    Salah satunya dengan memaksimalkan penggunaan angkutan massal. “Kita punya transportasi modern nyaman murah, harus permudah lagi akses menujunya dan kepraktisan lain, bahkan terobosan penggantian bus penumpang,” jelas Herman.

    Kemenhub sendiri berencana akan memberikan subsidi khusus kepada para pelajar sebesar Rp 25.000 untuk penggunaan transportasi massal. Sehingga minat penggunaannya akan terus mengalami peningkatan. “Jadi kita rasakan kepadatan lalu lintas jam tertentu kita rasakan betul dan ini Menteri akan memberikan solusi memberikan subsidi khusus kepada para siswa,” ungkapnya.

    Sementara itu, Wali Kota Palembang Harnojoyo menambahkan, dalam rapat bersama Menhub, mereka diminta untuk memaksimalkan penggunaan angkutan massal. Salah satunya yakni dengan adanya integrasi antara LRT dengan bus serta moda transportasi sungai. “Sehingga pelayanan angkutan kepada masyarakat lebih baik dan nyaman,” jelasnya.

    Dalam waktu dekat ini, seluruh angkutan massal pun akan terhubung di setiap stasiun LRT. “Saya minta awal Februari, rute-rute yang baru yang menghubungkan ke LRT ini segera terlaksana, ini dilakukan secara maraton,” kata dia.

    Ancaman Banjir, BPBD Banjarmasin Lakukan Patroli Pemantauan Kawasan Terendam

    Rabu, 8 Desember 2021 | 06:22 am

    Dengan membawa perahu karet dan sejumlah pelampung, petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah, BPBD Kota Banjarmasin menggunakan unit roda empat menembus ke titik-titik wilayah terendam banjir rob, senin malam (6/12/2021).

    Pemantauan tersebar di lima kecamatan di Kota Banjarmasin dengan mendatangi sejumlah daerah rawan banjir, di antaranya di Kampung Sungai Biuku, Kelurahan Sungai Andai, Banjarmasin Utara.

    Petugas memantau ketinggian atau debit air serta kecepatan arus baik di sungai maupun yang merendam permukiman warga.

    Di lokasi ini ketinggian air lewat pukul 22.00 wita mencapai sekitar 15-20 cm meski kenaikan air disebut landai, namun warga tetap diimbau waspada.

    “Sesuai arahan Kalak kit wajib cover 5 wilayah Banjarmasin, kita lakukan patroli keliling dua tahap, diantaranya debit air, kecepatan arus dan kita imbau warga waspada,” ungkap Koordinator Rescue Mobile BPBD Banjarmasin, Yoshida.

    Patroli banjir akan terus dilakukan sembari memantau perkembangan kondisi banjir dan mengikuti prakiraan dari BMKG.

    Sementara hingga selasa dini hari (7/12/2021) sejumlah kawasan lain di Banjarmasin juga terendam air seperti di jalan Hasan Basri, Kuin, Zafri Zam-zam dan Sutoyo S dengan ketinggian 20 hingga 50 cm.

    Sebut Masyarakat yang Bepergian Saat Nataru Wajib Miliki SKM yang Diterbitkan RT

    26 Nov 2021 | 9:20 pm

    Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, masyarakat yang hendak bepergian pada saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) wajib menyiapkan surat keluar masuk (SKM).

    Surat itu, kata Dedi, dikeluarkan oleh ketua RT setempat. Nantinya, surat tersebut akan diperiksa oleh petugas yang berjaga di posko PPKM skala mikro yang disebar di sejumlah akses masuk wilayah.

    “Polri juga di seluruh-seluruh pintu-pintu tol, dan jalur-jalur akses tertentu  perbatasan antar wilayah itu ada pos sebagai cek poin. Nah di situ nanti juga akan dicek di situ apakah masyarakat yang bepergian memiliki SKM,” kata Dedi dalam konferensi pers di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (26/11/2021).

    Ia menambahkan, apabila ada masyarakat yang didapati belum memiliki SKM, maka petugas akan melakukan swab antigen. Dedi menuturkan, tes antigen yang akan dilakukan kepada masyarakat ini gratis.

    Jika nantinya didapati ada masyarakat yang reaktif saat dilakukan pengetesan, maka petugas akan menindaklanjutinya dengan tes PCR.

    “Sehingga masyarakat akan menaati prokes. Dan polri akan mencoba melakukan itu dan di setiap posko-posko pengamanan,” kata dia. Dedi mengungkapkan, ketentuan itu akan diterapkan polisi dalam rangka Operasi Lilin saat Nataru.

    Kegiatan itu dimulai pada 20 Desember 2021-2 Januari 2022. Operasi lilin ini merupakan tindaklanjut dari Inmendagri Nomor 62 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 pada Saat Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru Tahun 2022.

    20 Tempat Wisata Gelar Uji Coba Pembukaan Kembali Sepekan Ini

    14 September 2021 | 11:33 am

    Sebanyak 20 taman wisata atau tempat rekreasi di Pulau Jawa akan diuji coba untuk dibuka kembali dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 ketat dan memakai aplikasi PeduliLindungi. Uji coba akan berlangsung selama sepekan dan setelah itu akan dievaluasi hasilnya.

    Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno mencontohkan beberapa dari 20 taman wisata/tempat rekreasi yang diuji coba pekan ini, yaitu Taman Impian Jaya Ancol, Kampung Budaya Betawi Setu Babakan (DKI Jakarta), Taman Safari Indonesia (Jawa Barat), dan Jatim Park 2 (Jawa Timur).

    Kedua puluh taman wisata/tempat rekreasi tersebut dinilai telah memenuhi kriteria, antara lain sudah mengantongi sertifikat kebersihan, kesehatan, dan keberlanjutan lingkungan (CHSE) dan seluruh karyawannya telah ikut vaksinasi Covid-19.

    Dua puluh lokasi tersebut juga terpilih melalui evaluasi berbasis data. Setelah sepekan uji coba, pembukaan tempat wisata akan dievaluasi. Seandainya keadaan dinilai kondusif, maka jumlah tempat rekreasi yang diuji coba akan ditambah lagi. Sandiaga berharap masyarakat juga tidak euforia dan ikut membantu penerapan protokol kesehatan.

    ”Tentunya, pembukaan destinasi wisata ini dilakukan secara bertahap. Misalnya, 25 persen dari total kapasitas. Jika uji coba ini menunjukkan hasil yang baik, persentase ini dapat kami tingkatkan sehingga bersifat situasional dan kami mempertimbangkan kondisi pandemi Covid-19,” ujar Sandiaga dalam konferensi pers mingguan, Senin (13/9/2021).

    Pengelola 20 taman wisata/tempat rekreasi yang ditunjuk dalam uji coba diharapkan memahami hal-hal teknis yang harus dipersiapkan, seperti punya perangkat pemindai kode baca cepat untuk dapat memindai pengunjung yang disyaratkan membawa aplikasi PeduliLindungi. Penerapan uji coba ini tidak serentak langsung di seluruh taman wisata/tempat rekreasi, tetapi melihat kesiapan masing-masing.

    Sejauh ini, jumlah pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif terdaftar atau memperoleh perangkat pemindai kode baca cepat aplikasi PeduliLindungi sebanyak 2.264 pelaku usaha. Jumlah ini sudah termasuk pengelola taman wisata/tempat rekreasi di DKI Jakarta, Bandung, Semarang, dan Surabaya.

    Sandiaga menambahkan, ada empat bahan evaluasi uji coba. Pertama, cara pengelola taman wisata/tempat rekreasi menerapkan protokol kesehatan secara ketat dan disiplin kepada pengunjung. Kedua, cara pengelola menentukan titik kritis atau potensi pelanggaran protokol kesehatan/potensi penularan. Ketiga, cara pengelola menentukan durasi aktivitas, mengatur jarak antarpengunjung, dan kegiatan yang berpotensi mengharuskan orang menyentuh benda yang disentuh orang lain.

    ”Hal keempat adalah penerapan aplikasi PeduliLindungi dan pengelola menyiapkan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 yang berkoordinasi dengan satgas pemerintah daerah,” imbuhnya.

    Sekretaris Jenderal Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Maulana Yusran saat dihubungi terpisah, mengatakan, uji coba pembukaan kembali 20 taman wisata/tempat rekreasi tersebut berpotensi membantu menggeliatkan kembali hotel dan restoran di dalam lokasi atau di sekitar taman wisata/tempat rekreasi. Kebijakan pemerintah yang mewajibkan implementasi pemakaian aplikasi PeduliLindungi bertujuan positif untuk memudahkan penyaringan pengunjung.

    Taman wisata/tempat rekreasi yang identik dengan dunia anak-anak tentu menjadi tantangan bagi pengelola, pemilik hotel, dan restoran di dalam atau sekitar taman wisata/tempat rekreasi yang ingin mengejar pemulihan pendapatan. Pasalnya, sesuai ketentuan protokol kesehatan Covid-19 yang diterapkan di lokasi uji coba mengharuskan calon pengunjung vaksinasi Covid-19, sedangkan anak di bawah 12 tahun belum jadi sasaran vaksinasi.

    ”Tempat usaha hotel dan restoran butuh permintaan kunjungan agar bisa mempertahankan bisnis sehingga ada potensi mengejar siapa pun latar belakang pengunjung. Tantangan saat uji coba adalah pengawasan implementasi protokol kesehatan. Jadi, hotel dan restoran tetap belum bisa pulih cepat ketika ada uji coba pembukaan tempat rekreasi,” katanya.

    RAPBD Kabupaten Bekasi 2022 bakal fokus pada pemulihan ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

    16 Agustus 2021 | 8:03pm

    Pemerintah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, memproyeksikan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Bekasi 2022 akan difokuskan untuk pemulihan ekonomi daerah. Anggaran daerah bakal diutamakan untuk membantu para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah, serta industri-industri besar di wilayah tersebut yang terdampak pandemi Covid-19.

    Hal ini dikatakan Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan seusai mengikuti Pidato Kenegaraan Presiden terkait Rancangan APBN 2022 secara virtual di Ruang Paripurna DPRD Kabupaten Bekasi, Senin (16/8/2021).

    ”Kami akan jabarkan dalam rencana pembangunan daerah. Paparan Presiden terkait arahan dan rencana pembangunan nasional yang tertuang dalam RAPBN 2022 menjadi pijakan pemerintah daerah dalam menetapkan APBD 2022,” kata Dani.

    Presiden Joko Widodo dalam penyampaian Rancangan Undang-Undang APBN Tahun 2022 di hadapan Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat pada Senin, menyebutkan, pertumbuhan ekonomi 2022 diperkirakan berada di kisaran 5,0 persen sampai 5,5 persen. Untuk mencapai pertumbuhan ekonomi 5,5 persen, Presiden menjanjikan untuk menggunakan seluruh sumber daya, analisis ilmiah, dan pandangan ahli untuk terus mengendalikan pandemi Covid-19.

    ”Kami akan berusaha maksimal mencapai target pertumbuhan di batas atas, yaitu 5,5 persen. Namun, harus tetap waspada karena perkembangan Covid-19 masih sangat dinamis,” tutur Presiden.

    Kendati masih ada ketidakpastian yang tinggi di 2022 dan tantangan global, seperti perubahan iklim, peningkatan dinamika geopolitik, dan pemulihan ekonomi global yang tidak merata, optimisme tetap ada. APBN diyakini mampu berperan sentral dalam melindungi keselamatan masyarakat sekaligus menjadi motor pengungkit pemulihan ekonomi.

    Menurut Dani, proyeksi APBD Kabupaten Bekasi 2022 yang berkaitan dengan upaya pemulihan ekonomi akan menyasar beberapa sektor, di antaranya,  penguatan para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) hingga eksistensi industri besar di wilayah Kabupaten Bekasi. Sementara itu, terkait pembangunan infrastruktur dasar sebagai penunjang sektor perekonomian masyarakat, masih banyak hal yang perlu diperbaiki.

    ”Saya kira dengan tema pemulihan ekonomi pun, misalnya, insya Allah, APBD kami nanti ke depan masih akan sangat beragam, tetapi harus fokus memang. Pekan ini kami berencana membahas draf rencana kerja perangkat daerah di lingkup internal sebelum melangkah ke pembahasan RAPBD 2022,” kata Dani.

    Di Kabupaten Bekasi, pada 2021, APBD yang ditetapkan saat itu Rp 6,5 triliun. Dari jumlah anggaran tersebut, saat itu bidang pendidikan mendapat porsi anggaran hingga Rp1,6 triliun untuk gaji dan tunjangan tenaga pendidik hingga pengadaan kursi dan meja belajar. Sektor lain yang juga mendapat persentase anggaran signifikan yakni sektor kesehatan, yaitu 13 persen.

    32 Bus Dikerahkan untuk Evakuasi Warga Kudus ke Asrama Haji Donohudan Boyolali

    09 Juni 2021 |  7:00 am

    Pihak kepolisian dan TNI terus membantu menangani kasus Covid-19 yang tengah melonjak di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Polda Jawa Tengah dan Kodam IV Diponegoro sepakat mengerahkan armada bus untuk mengevakuasi warga Kudus ke Asrama Haji Donohudan Boyolali.

    “Polda dan Kodam menambah armada ada 32 bus disiapkan dari eks Karesedenan Pati untuk kita berangkatkan masyarakat di wilayah Kudus,” kata Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi di Makodam IV/Diponegoro, Selasa (8/6/2021).

    Lebih lanjut, dia mengatakan, kepolisian memberlakukan kontinjensi untuk SOP penanganan Covid-19 jika terjadi lonjakan kasus di daerah lain. “Untuk wilayah kita akan berlakukan SOP penanganan manajemen kontinjensi Covid-19. Akan jadi role model manakala di wilayah kita terjadi fluktuatif, maka di Kudus jadi pelajaran bagi daerah lain,” jelasnya.

    Sementara itu, Pangdam IV Diponegoro Mayjen TNI Rudianto mengatakan, pelaksanaan evakuasi sudah berjalan selama tiga hari terakhir. “Pelaksanaan evakuasi berjalan hari pertama kedua berjalan baik. Insyaallah ini hari ketiga berjalan baik,” kata Rudianto.

    Bus yang beroperasi akan menjemput warga terpapar Covid-19 mulai dari rumah kemudian dikumpulkan di rusunawa. Selanjutnya, bus akan berangkat bersamaan menuju ke Boyolali dengan pengawalan sehingga penanganan lebih efisien.

    “Untuk penghematan tenaga, berangkatkan bersama ke Boyolali sehingga penggunan APD, pengawalan dan nakes yang mengelola bisa efisiensi. Hari ini diharapkan dapat berjalan baik. Diharapkan masyarakat yang terpapar yang akan divekuasi bisa merasa nyaman,” jelasnya.

    TNI-Polri juga berterima kasih atas kerja sama masyarakat yang turut berupaya menurunkan kasus Covid-19 di Kabupaten Kudus.

    Bus AKAP Kembali Beroperasi, Penumpang Melonjak

    23 Mei 2021 | 8:10 pm

    Pasca dibuka kembali layanan angkutan layanan angkutan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dan angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) pada periode mudik lebaran 2021, jumlah penumpang AKAP di 3 dari 4 Terminal Tipe A di bawah pengelolaan Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) mengalami peningkatan.

    Kepala BPTJ Polana B Pramesti mengatakan bahwa berdasarkan data pada tanggal 18 hingga 21 Mei 2021 tercatat terjadi kenaikan jumlah keberangkatan penumpang AKAP di Terminal Jatijajar Depok, Terminal Poris Plawad Tangerang dan Terminal Baranangsiang Bogor.

    “Sementara khusus untuk terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan tidak terjadi kenaikan,” kata Polana. Menurutnya peningkatan dihitung dengan asumsi perbandingan jumlah rata-rata penumpang pada masa normal yaitu pada bulan Januari-Maret 2021.

    Kenaikan jumlah pengguna layanan AKAP sebesar 8,87 persen tercatat di Terminal Baranangsiang Bogor yang dilayani 24 PO. Pada hari-hari biasa seperti pada bulan Januari sampai dengan Maret, Terminal Baranangsiang melayani penumpang sekitar 203 orang per hari.

    Pasca masa peniadaan mudik, Terminal Baranangsiang tercatat melayani sebanyak 221 penumpang per hari. Sementara, destinasi yang paling banyak dituju yaitu Wonosobo di Jawa Tengah dan Lampung serta Padang di Sumatera.

    Peningkatan jumlah penumpang juga terjadi di Terminal Poris Plawad Tangerang, sekitar 74 persen. Pada waktu normal, rata-rata setiap hari melayani penumpang sekitar 446 orang, sementara selepas masa peniadaan mudik tercatat 776 orang per hari.

    Padang dan Madura merupakan destinasi yang paling banyak dituju oleh penumpang yang dilayani 78 PO. Selanjutnya untuk Terminal Jatijajar Depok, rata-rata melayani 324 orang per hari, sementara setelah berakhirnya masa peniadaan mudik sebanyak 519 penumpang per hari.

    “Dengan demikian kenaikan penumpang yang berangkat melalui Terminal Jatijajar Depok pada periode ini tercatat kurang lebih sebesar 60 persen,” jelas Polana. Adapun Ponorogo, Bojonegoro, Yogyakarta dan Pekalongan merupakan daerah yang paling banyak dituju oleh penumpang yang berangkat melalui Terminal Jatijajar Depok dan dilayani 48 PO.

    Khusus untuk Terminal Pondok Cabe, Tangerang Selatan, tidak terdapat kenaikan jumlah penumpang dengan angka 38 orag per hari. Madura merupakan daerah yang paling banyak dituju yang dilayani 26 PO.

    Terkait perbandingan kedatangan penumpang AKAP pada masa setelah peniadaan mudik Polana menjelaskan untuk Terminal Jatijajar Depok dan terminal Pondok Cabe Tangerang Selatan tidak terjadi perbedaan yang signifikan.

    “Untuk Terminal Jatijajar Depok rata-rata setiap harinya melayani 18 penumpang kedatangan sedangkan Terminal Pondok Cabe kurang lebih 14 orang per hari,” ungkap Polana. Berbeda untuk Terminal Poris Plawad Tangerang, pada waktu normal setidaknya terdapat 70 penumpang kedatangan setiap hari, sedangkan pada waktu setelah berakhirnya masa peniadaan mudik tercatat dengan rata-rata sekitar 37 penumpang per hari.

    Demikian pula dengan Terminal Baranangsiang, pada masa normal rata-rata terdapat 88 penumpang setiap hari, sedangkan setelah masa peniadaan mudik tercatat sekitar 74 penumpang per hari.

    Antisipasi Arus Mudik Gelombang Kedua, Sumsel Perpanjang Penyekatan hingga 31 Mei 2021

     

    17 Mei 2021 | 7:00 pm

    Polda Sumatera Selatan memperpanjang posko penyekatan pemudik di setiap perbatasan hingga 31 Mei 2021. Perpanjangan posko penyekatan itu untuk mengantisipasi arus mudik gelombang kedua di wilayah Sumatera Selatan.

    Kepala Biro Operasi (Karo Ops) Polda Sumatera Selatan Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Kamaruddin mengatakan, posko penyekatan awalnya berlaku hingga 24 Mei 2021. Namun, posko penyekatan diperpanjang setelah arus mudik gelombang kedua diprediksi terjadi mulai 24 Mei.

    “Kita mengikuti aturan yang ada mengantisipasi arus balik. Kedua, potensi gelombang kedua arus mudik pasca tanggal 17 dan arus balik sehingga penyekatan diperpanjang sampai 31 Mei,” kata Kamaruddin usai mengikuti rapat di kantor Gubernur Sumsel, Senin (17/5/2021).

    Selama penyekatan berlangsung, lebih dari 10.000 kendaraan telah disuruh putar balik. Sebab, mereka tak memiliki dokumen resmi perjalanan, seperti surat bebas Covid-19 serta izin perjalanan dinas. “Banyak yang putar baik rata-rata dari Jawa.

    Semua yang masuk Sumsel, Jambi, Bengkulu, Lampung kita putar balik kalau dokumen tidak lengkap,” ujarnya. Sebanyak delapan pos penyekatan telah disiapkan di perbatasan Sumatera Selatan. Sementara di perbatasan antarkabupaten, didirikan 38 pos penyekatan.

    Seluruh personel yang disiagakan di pos itu akan berjaga selama 24 jam penuh untuk melakukan pemeriksaan setiap kendaraan yang datang dari luar. “Jumlah posko tidak ada yang berubah, jumlahnya tetap. Hanya waktunya saja yang diperpanjang,” ujarnya.

    Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menambahkan, bupati dan wali kota akan ikut membantu kegiatan di pos penyekatan tersebut. “Saya minta bupati/wali kota untuk membantu keberlangsungan posko sekat itu, karena di Kodim tidak ada pendanaan dan Polres tidak ada pendanaan.

    Bupati/wali kota diminta untuk memberikan pendanaaannya untuk keberlangsungan posko itu untuk mencegah penularan Covid-19,” jelas Herman.

    Masih Ratusan Ribu Pemudik yang Mengeyel Terobos Pos Penyekatan

     

    12 Mei 2021 | 07:00 am

    Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati tidak menampik bahwa pengawasan terhadap moda transportasi darat menjadi salah satu tantangan terbesar selama periode larangan mudik Lebaran, 6-17 Mei 2021. Pasalnya, masih banyak pemudik dengan mobil dan sepeda motor yang nekat mengambil celah agar lolos di titik-titik penyekatan.

    Padahal risiko yang bakal diterimanya besar seperti menyebarkan virus corona. “Sampai hari ini saja, kita sudah catat ada khususnya kendaraan pribadi (mobil) dan sepeda motor lebih dari 138.000 per hari yang keluar wilayah Jakarta,” kata dia dalam diskusi virtual, Selasa (11/5/2021).

    Adita mengatakan, pemudik yang menggunakan sepeda motor paling banyak keluar dari titik penyekatan dan sebagian dari mereka ada yang tidak memenuhi syarat untuk melakukan mudik. “Sebagian itu adalah pihak-pihak yang mengeyel. sebagian sudah diputarbalikkan karena mereka tak penuhi syarat tapi ya memang masih ada saja yang bersikeras,” ujarnya.

    Sementara mobilitas masyarakat yang menggunakan moda transportasi udara, laut, dan kereta api dalam periode sama, menurut data dia, telah menunjukkan penurunan sebesar 77 persen.

    Adapun mobilitas menggunakan transportasi pesawat turun sebesar 93 persen dan kereta api sebesar 88 persen. “Artinya apa yang jadi ketentuan itu sudah dipatuhi kalau kita bicara kereta, pesawat sama kapal laut atau kapal-kapal penyebaran,” ujar Adita.

    Melihat kondisi ini, pemerintah akan mendirikan posko pemeriksaan Covid-19 d setiap titik penyekatan secara acak sebagai upaya untuk mengendalikan pemudik. Di samping, adanya penyekatan berganda dan buka-tutup jalur di ruas tol tertentu yang sejalan diskresi Korlantas Polri serta operator.

    “Ada random testing di beberapa titik tapi setidaknya dapat men-screening orang-orang yang melakukan perjalanan. Nah ini upaya meminimalisir orang-orang yang bersikeras dan ngeyel tadi,” kata Adita.

    Kritik soal Kerumunan di Pasar Tanah Abang, Anggota DPR: Pemprov DKI Tak Siap Antisipasi

    03 Mei 2021 | 1:42 pm

    Anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo mengkritik Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dalam menangani penyebaran Covid-19 seperti yang terjadi di Pasar Tanah Abang, Jakarta beberapa hari terakhir. Ia menilai, ada ketidaksiapan dari Pemprov DKI terhadap antisipasi membeludaknya pengunjung pasar menjelang Lebaran. “Aparat pemerintah di daerah tidak siap terhadap antisipasi gejolak membeludaknya Pasar Tanah Abang. Ketidaksiapan ini terlihat dari tidak adanya penyekatan, tidak ada penutupan pintu-pintu masuk transportasi menuju ke Tanah Abang,” kata Rahmad dalam keterangannya, Minggu (2/5/2021).

    Politikus PDI-P itu mengatakan, antisipasi baru dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta justru setelah adanya kerumunan di area pasar. Rahmad mengaku sudah melihat video membeludaknya pengunjung di Pasar Tanah Abang dalam dua hari terakhir. Melihat hal tersebut, ia menyayangkan dan mencemaskan keramaian pengunjung pasar yang menurutnya, sama sekali tidak menjaga jarak.

    “Keadaan itu sudah mengkhawatirkan terhadap kemungkinan potensi paparan Covid-19,” ujar dia. Kerumunan di Pasar Tanah Abang, menurut dia, seolah bertolak belakang dengan langkah pemerintah pusat mengendalikan penyebaran Covid-19. Ia pun menyebutkan, salah satu langkah pemerintah mengendalikan penyebaran Covid-19 adalah dengan melarang mudik Lebaran 2021. “Tetapi, di Pasar Tanah Abang seperti seolah-olah tidak ada takutnya terhadap masa pandemi Covid-19,” kata dia.

    Keramaian di Pasar Tanah Abang itu, kata Rahmad, sangat mengkhawatirkan semua pihak karena pengunjung yang berbelanja tidak menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Menurut Rahmad, pengunjung di Pasar Tanah Abang terlihat tidak menjaga jarak sebagai salah satu protokol kesehatan di masa pandemi. Oleh karena itu, dia meminta agar koordinasi dari Pemprov, aparat keamanan, dan Satuan Tugas (Satgas) DKI Jakarta diperkuat untuk mencegah kerumunan tersebut terjadi kembali di kemudian hari.

    “Kita harus segera konsolidasi, gubernur, Satgas daerah, dan aparat keamanan TNI-Polri untuk mengkanalisasi supaya segera diurai. Sehingga tidak sampai terjadi penumpukan pengunjung lagi. Apalagi jika sampai sore hari,” papar dia. Lebih lanjut, politikus PDI-P ini menilai, seharusnya keraimanan di Pasar Tanah Abang dapat diantisipasi. Antisipasi itu dilakukan mulai dari Pemprov ke masyarakat Jakarta yang akan berkunjung ke pusat perbelanjaan tradisional dan modern menjelang Lebaran.

    “Semestinya bisa dikonsolidasikan, dipersiapkan dengan baik menyikapi lonjakan pengunjung ke pasar Tanah Abang,” tutur dia. Namun, bak nasi sudah menjadi bubur, Rahmad mengatakan, kerumunan telah terjadi di Pasar Tanah Abang, sehingga hal ini seharusnya dapat menjadi pembelajaran mahal bagi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Dinas terkait di Pemprov DKI.

    Ia menyarankan, apabila Pemprov DKI kewalahan dalam mengantisipasi kerumunan, dapat berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk mengarahkan masyarakat yang ingin ke Pasar Tanah Abang.

    “Bisa saja warga masyarakat dihentikan dulu untuk sementara waktu tidak diperbolehkan masuk ke Pasar Tanah Abang, karena situasi tidak memungkinkan atau karena pasar melebihi kapasitas,” ujar dia. Rahmad mengingatkan, situasi pandemi Covid-19 di India bisa terjadi di Indonesia apabila kerumunan seperti di Pasar Tanah Abang terus dibiarkan. Pemprov DKI, dimintanya untuk tidak lelah mengedukasi, memberikan sosialisasi terhadap masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan salah satunya menghindari kerumunan.

    “Jangan sampai kerumunan itu terjadi lagi. Ingat, yang paling efektif itu adalah menetapkan prokes. Kita juga himbau warga masyarakat jangan paksakan untuk ke pasar Tanah Abang, atau pasar lain yang sangat ramai,” kata Rahmad

    Sebelumnya, Sekretaris DKI Jakarta Marullah Matali menuturkan, pengunjung di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Sabtu (1/5/2021) kemarin, hampir 200 persen dari kapasitas. Hal tersebut ia ungkapkan untuk menanggapi video viral di media sosial yang menunjukkan kerumunan pengunjung di Pasar Tanah Abang pada Sabtu (1/5/2021) dan Minggu (2/5/2021).

    “Informasi yang kami dapat dari Direktur Pasar Jaya bahwa kasus yang kemarin Sabtu saja sudah hampir 200 persen dari kapasitas Pasar Tanah Abang,” kata Marullah dalam apel di Monumen Nasional, Jakarta Pusat, Minggu.

    Polda Papua Sebut 9 Anggota KKB Tewas dalam Kontak Tembak di Kabupaten Puncak

    28 April 2021 | 3:45 pm

    Kabid Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal menyebut, jumlah anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB) yang tewas saat kontak senjata dengan aparat keamanan di Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Selasa (27/4/2021), bertambah. “Dari data-data yang dikumpulkan dari lapangan, ditemukan ada sekitar sembilan KKB yang meninggal dunia,” ujar Kamal di Jayapura, Rabu (28/4/2021).

    Hal tersebut dipastikan oleh personel Satgas Nemangkawi yang terlibat kontak senjata yang terjadi kemarin. Sebanyak tiga anggota Brimob tertembak, salah satunya gugur. Mengenai jasad anggota KKB yang dinyatakan tewas, Kamal menyebut, personel Satgas Nemangkawi tak dapat menemukannya.

    “Mereka (KKB) langsung bawa (jenazah), kita juga monitor dari alat digital yang mereka gunakan,” kata dia. Sebelumnya, kontak senjata antara kelompok kriminal bersenjata (KKB) dan anggota Brimob terjadi di Distrik Gome, Kabupaten Puncak, Papua, Selasa (27/4/2021) pagi. Kejadian itu menyebabkan seorang anggota Brimob, Bharada Komang gugur dan dua rekannya mengalami luka tembak.

    “Tiga orang korban, satu meninggal Bharada Komang. Semua korban sudah dievakuasi ke Timika,” ujar Kapolda Papua, Irjen Mathius Fakhiri, di Jayapura, Selasa. Kabid Humas Polda Papua, Kombes AM Kamal menyebut dari kontak senjata tersebut, lima anggota KKB dipastikan tewas tertembak.

    Terduga Teroris Serang Mabes Polri, Polisi di Tangerang Tingkatkan Keamanan

     

    31 Maret 2021 | 9:25 pm

    Polres Metro Tangerang Kota meningkatkan keamanan dan pengawasan kantor mereka setelah adanya serangan terduga teroris di Mabes Polri, Jakarta. Terduga teroris kemudian ditembak mati usai mengacungkan sebuah senjata api kepada sejumlah aparat kepolisian di Mabes Polri, Rabu (31/3/2021) sore.

    Kasubag Humas Polres Metro Tangerang Kota Kompol Abdul Rachim berujar, peningkatan keamanan dan pengawasan dilakukan untuk mengawasi seluruh orang yang keluar masuk Mapolres Metro Tangerang Kota. “Lebih ditingkatkan pengawasan terhadap orang yang keluar masuk Markas Komando, mengingat Polres merupakan kantor pelayanan kepada masyarakat,” papar Abdul melalui sambungan telepon, Rabu malam.

    Dia menyebut pihaknya belum memiliki rencana menambah metal detector di pintu masuk Mapolres Metro Tangerang Kota. Namun, lanjut Abdul, petugas yang menjaga gerbang kantor polisi diwajibkan untuk memeriksa seluruh barang bawaan dari setiap orang yang keluar atau masuk.

    “Dilakukan pemeriksaan dan penggeledahan barang-barang yang dibawa orang yang keluar masuk,” tuturnya. Dengan adanya peristiwa terduga teroris yang diduga membobol Mabes Polri itu, Abdul menyatakan bahwa pihaknya juga belum berencana menambah personel bersenjata lengkap di seputar kantor. “Normal, hanya ditingkatkan pengawasannya saja,” ucapnya.

    Sebelumnya, penembakan yang diduga terkait aksi teror terjadi di Mabes Polri, Jakarta Selatan pada Rabu. Seorang tukang parkir sekaligus saksi mata, Ari (27) mengatakan, letusan senjata api terdengar sebanyak tujuh kali. Ia menyebutkan, letusan senjata api terdengar berturut-turut. “Awalnya yang pertama lebih kencang.

    Setelahnya berturut-turut tembakannya,” ujar Ari, ditemui Rabu sore. Saat itu, Ari sedang memindahkan mobil yang sedang diparkir. Ia lalu mendengar suara letusan senjata api. Dalam video amatir terlihat seorang yang berpakaian hitam terlibat berusaha masuk ke lingkungan Mabes Polri.

    Berdasarkan tayangan KompasTV, pelaku itu kemudian terlihat jatuh dan tersungkur. Namun, hingga saat ini belum ada keterangan dari pihak kepolisian. Peristiwa ini terjadi tak lama setelah Polri melakukan sejumlah penggerebekan terhadap terduga teroris, usai terjadi aksi teror bom bunuh diri di Makassar pada Minggu (28/3/2021). Aksi teror di Makassar itu, menurut Polri, diduga dilakukan kelompok Jamaah Anshorut Daulah.

    Soal Mudik, Menhub Tegaskan Perlu Dikoordinasikan dengan Satgas Covid-19

     

    Jakarta: 17 Maret 2021 | 5:47 pm

    Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya segera mengoordinasikan langkah antisipasi mudik Lebaran 2021 dengan Satgas Penanganan Covid-19. Hal ini perlu dilakukan dalam rangka mencegah dan memutus penyebaran Covid-19 yang masih melanda Indonesia. “Kemenhub tidak bisa melarang atau mengizinkan mudik.

    Karena harus dikoordinasikan dengan kementerian, lembaga terkait, dan Satgas Covid 19, yang nanti akan memberikan arahannya,” ujar Budi dikutip dari siaran pers Kemenhub, Rabu (17/3/2021). Dia melanjutkan, dalam rangka mengantisipasi adanya lonjakan penumpang pada masa mudik Lebaran 2021, pemerintah akan menerapkan protokol kesehatan dan tracing secara ketat kepada masyarakat yang bepergian.

    Antara lain dengan mempersingkat masa berlaku alat screening (penyaringan) Covid-19, seperti GeNose, rapid test, atau PCR test. Selain itu, pemerintah juga akan menerapkan protokol kesehatan lainnya yang juga akan diperketat, seperti memakai masker, melaksanakan jaga jarak, melakukan disinfektasi prasarana/sarana, pemberlakuan pembatasan penumpang, dan pengaturan jadwal layanan.

    Lebih lanjut, Budi mengungkapkan telah bekerja sama dengan media nasional untuk melakukan survei nasional tentang potensi pemudik pada masa Lebaran tahun 2021 yang akan menjadi rekomendasi pelaksanaan angkutan Lebaran tahun ini.

    Sebelumnya, Menhub Budi Karya Sumadi menyatakan pemerintah tidak akan melarang masyarakat untuk mudik pada Lebaran 2021, meskipun perayaan Idul Fitri tahun ini diperkirakan masih dalam suasana pandemi Covid-19. Hal tersebut ia sampaikan dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR, Selasa (16/3/2021), yang membahas sejumlah hal, salah satunya kesiapan transportasi untuk arus mudik dan arus balik Lebaran 2021. “Hal pertama yang bisa kami ungkapkan terkait mudik 2021. Pada prinsipnya, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan tidak melarang (mudik),” kata Budi dalam rapat kerja yang dipantau secara daring.

    Ia melanjutkan, tak dilarangnya mudik karena akan ada mekanisme protokol kesehatan ketat yang disusun bersama Satgas Penanganan Covid-19. Sebelumnya, Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, kebijakan mengenai mudik pada Lebaran 2021 masih dalam tahap pembahasan.

    Pernyataan Wiku tersebut berbeda dengan pernyataan Menhub Budi Karya Sumadi. “Sejauh ini dengan kebijakan mudik Lebaran masih dalam tahap pembahasan oleh kementerian dan lembaga terkait,” ujar Wiku dalam keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Selasa (16/3/2021), yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden. Wiku mengatakan, pemerintah masih membahas kebijakan terkait mudik lantaran tradisi tersebut berdampak pada meningkatnya mobilitas masyarakat dari satu daerah ke daerah lainnya. Hal itu dikhawatirkan akan memicu lonjakan kasus Covid-19 usai mudik.

    Wiku mengatakan, nantinya, apa pun keputusan pemerintah terkait mudik Lebaran harus disikapi secara bijaksana oleh masyarakat. Ia mengharapkan masyarakat diharapkan mengambil keputusan yang terbaik saat tradisi menjelang Lebaran. “Saya mengharapkan sikap bijak dari masyarakat untuk dapat mengambil keputusan terbaik, khususnya melakukan perjalanan jauh yang berpotensi meningkatkan penularan,” tutur Wiku.

    Beban Berat Eri Cahyadi Lanjutkan Perjuangan Risma Pimpin Surabaya

     

    Surabaya | 27 Feb 2021 | 5:55 pm

    Pengamat politik Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Surokim Abdussalam mengungkapkan, Wali Kota Surabaya dan Wakil Wali Kota Surabaya terpilih Eri Cahyadi-Armudji punya beban cukup berat karena disandang penerus Tri Rismaharini.

    “Harapan masyarakat kepada Mas Eri Cahyadi memang sangat tinggi. Dia digadang-gadang bisa seperti Bu Risma bahkan lebih. Menurut saya, masalah ini jangan dijadikan beban karena apa yang dihadapi Mas Eri dengan Bu Risma berbeda,” ujar Surokim, Jumat (26/2/2021).

    Di masa pandemi seperti sekarang ini, kata Surokim, yang dibutuhkan Eri dan Armudji adalah responsibilitas, lebih agresif, tanpa meninggalkan ciri khas Bu Risma. Jika di masyarakat diketahui ada masalah, Eri harus langsung terjun di lapangan menyelesaikan masalah tersebut secepatnya.

    “Selama 100 hari kerja Eri-Armudji, persentase di lapangan harus lebih banyak dibanding di kantor. Jika dipersentasekan, 70 persen di lapangan, 30 persen di kantor. Semua masalah administrasi biar dilakukan oleh staf,” ucapnya.

    Alasan kenapa harus banyak di lapangan, jelas Surokim, di masa pandemi seperti sekarang ini, masyarakat membutuhkan sentuhan seorang pemimpin langsung. Apalagi jejak 100 hari kepemimpinan akan sangat membekas di masyarakat.

    Soal solusi yang diberikan Eri Cahyadi itu berhasil atau tidak, selama masa pandemi ini orang akan lebih bisa memahaminya, seandainya solusi tersebut kurang berjalan baik.

    “Selama 100 hari, orang akan melihat kinerja Mas Eri. Apakah sama dengan Bu Risma yang memiliki tipikal pekerja keras. Namun, kerja keras saja tidak cukup untuk Mas Eri. Harus mengayomi. Sehingga harus tidak ada jarak antara Mas Eri dengan masyarakat,” tuturnya.

    Karena harus sering ke lapangan itu, lanjut Surokim, penampilan Eri juga harus diperhatikan. Tidak boleh berpenampilan yang formal seperti menggunakan seragam dinas. Saat di lapangan cukup memakai pakaian non formal atau pakaian sehari-hari, sehingga terkesan santai.

    “Saya menilai orang Surabaya saat ini itu tidak membutuhkan sembako. Tapi mengayominya itu lebih penting. Memberikan semangat sambil menepuk pundak masyarakat itu lebih penting. Sebab masa pandemi ini tidak bisa diselesaikan sendiri-sendiri, tapi harus besama-sama. Jika sudah begitu, Mas Eri akan terkesan tidak hanya bekerja keras seperti Bu Risma, tapi juga bisa ngayomi,” tandasnya.

    Kaltim Steril Diklaim Tekan Ratusan Angka Positif Covid-19

     

    Samarinda | 09 Feb 2021 | 8:50 pm

    Penerapan kebijakan Kalimantan Timur ( Kaltim) steril atau instruksi berdiam di rumah setiap akhir pekan, diklaim mampu menurunkan ratusan angka positif Covid-19. Hal tersebut terbukti pada hasil evaluasi pelaksanaan tahap pertama, Sabtu (6/2/2021) dan Minggu (7/2/2021). Sekretaris Satgas Penanganan Covid-19 Kaltim Yudha Pranoto menuturkan, berdasarkan laporan harian pada Senin (8/2/2021) atau sehari setelah berakhir Kaltim steril tahap pertama, jumlah tambahan kasus positif di Kaltim hanya 344 kasus.

    Angka ini disebut menurun dua sampai tiga kali lipat dari hari-hari sebelumnya. Sebab, sejak 3 Februari 2021 penambahan kasus harian positif Covid-19 di Kaltim menembus angka 903 kasus. Hari-hari berikutnya tambahan angka positif berkisaran 600-800 kasus. Meski bergerak fluktuatif tapi rata-rata di atas 600 kasus. “Penurunan angka positif ini disebab karena selama dua hari tersebut, tidak terjadi kontak erat antar masyarakat di pusat keramaian sesuai Instruksi Gubernur Kaltim Nomor 1 Tahun 2021 itu,” ungkap Yuda di Samarinda, Selasa (9/2/2021).

    Karena hal tersebut, program Kaltim steril dianggap mampu menurunkan angka positif Covid-19. “Angka positif jauh menurun dibanding hari-hari sebelum pemberlakuan dua hari tanpa aktivitas di luar rumah,” tegas dia. Selain penurunan kasus, tingkat kesadaran masyarakat juga dinilai meningkat. Selama penerapan Kaltim steril tahap pertama, masyarakat dianggap patuh dan tidak beraktivitas di luar rumah. Jalan-jalan protokol di pusat Kota Samarinda juga Balikpapan sepi. Begitu juga dengan lokasi-lokasi yang jadi pusat keramaian, seperti tempat rekreasi, pasar, mal dan lainnya.

    Di Balikpapan misalnya, hasil pantauan tim dokumentasi Humas dan Protokol Pemkot Balikpapan yang diterima Kompas.com, beberapa titik yang biasa menjadi pusat keramaian benar-benar tampak lengang. Mulai dari lapangan Merdeka, Pasar Klandasan, Pasar dan Terminal Balikpapan Permai, Pasar Baru, Simpang Plaza Balikpapan, sepanjang Jalan Jendral Sudirman, serta beberapa ruas jalan lainnya. Hanya tampak beberapa kendaraan yang berada di jalanan. Hal yang sama juga terjadi di Kota Samarinda. Pantauan CCTV yang terpasang di sejumlah ruas jalan, juga sepi pengendara.

    Selain jalan sepi, sejumlah pusat perbelanjaan juga tutup, seperti Big Mal, Samarinda Central Plaza (SCP) dan lainnya. Meski demikian, masih ada beberapa warung-warung sembako serta pasar yang beroperasi. Sesuai instruksi Gubernur Kaltim, kebijakan Kaltim steril ini akan diterapkan dua hari setiap akhir pekan sampai batas waktu yang belum ditentukan.

    Masuk Rekor MURI, Vaksinasi 3.300 Tenaga Kesehatan di DIY Berkat Kolaborasi

     

    28 Januari 2021 | 9:09 pm

    Sekitar 3.300 orang tenaga kesehatan atau nakes mengikuti vaksinasi massal Covid-19 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Kamis (28/1/2021). Kegiatan yang mendapatkan penghargaan dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) itu terwujud berkat kolaborasi sejumlah pihak. Kementerian Kesehatan akan mereplikasi hal ini di daerah-daerah lain.

    Vaksinasi massal itu digelar di gedung pertemuan Graha Sabha Pramana Universitas Gadjah Mada, Kabupaten Sleman, DIY, pada Kamis mulai pukul 08.00-17.00. Pelaksanaan vaksinasi massal itu dikoordinasi oleh Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Sardjito, Yogyakarta, dengan melibatkan sejumlah fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) serta instansi terkait.

    Acara tersebut mendapatkan penghargaan dari MURI sebagai Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 kepada Nakes Terbanyak se-DIY. Penghargaan itu disampaikan secara daring oleh pendiri MURI, Jaya Suprana. Sementara itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin beserta sejumlah pejabat sempat meninjau secara langsung pelaksanaan vaksinasi tersebut.

    Menurut Budi, vaksinasi massal itu merupakan bentuk inovasi untuk mempercepat pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Indonesia. Oleh karena itu, Budi menyebut, model vaksinasi massal tersebut akan direplikasi di daerah-daerah lain agar pemberian vaksinasi bisa makin dipercepat.

    “Ini adalah inovasi dari teman-teman rumah sakit di Yogyakarta bekerja sama dengan dinas kesehatan dan teman-teman dari kantor pusat (Kementerian Kesehatan). Pasti akan kami replicate (replikasi) cara ini karena cara ini bisa lebih banyak (peserta vaksinasinya),” ujar Budi.

    Budi memaparkan, untuk membentuk kekebalan komunal atau herd immunity, jumlah penduduk Indonesia yang harus mendapatkan vaksinasi sekitar 181 juta orang. Apabila satu orang mendapatkan dua kali suntikan, maka harus dilakukan sekitar 363 juta kali vaksinasi.

    Sesuai dengan target pemerintah, proses vaksinasi itu diharapkan bisa selesai dalam waktu satu tahun. Sementara itu, vaksinasi terhadap 1,5 juta nakes ditargetkan selesai pada pekan ketiga Februari 2021.

    Budi menyatakan, apabila vaksinasi tersebut ditargetkan selesai dalam waktu satu tahun, dalam sehari harus dilakukan vaksinasi terhadap 1 juta orang. Padahal, berdasarkan data terakhir, jumlah orang yang divaksinasi di Indonesia paling banyak baru sekitar 58.000 orang per hari. Oleh karena itu, dibutuhkan inovasi atau terobosan untuk meningkatkan cakupan vaksinasi.

    “Kalau dalam 365 hari (satu tahun) itu harus dilakukan 363 juta suntikan, artinya satu hari harus satu juta suntikan. Itu rata-rata, tapi kalau kita mulainya dari nol, ujungnya mungkin harus dua juta per hari kapasitasnya. Jadi, mesti dicari terobosan-terobosan bagaimana supaya bisa nyuntik (vaksin) di atas satu juta per hari,” ungkap Budi.

    Oleh karena itu, Budi menyambut baik model vaksinasi massal yang dilakukan di DIY. Budi juga menilai, pelaksanaan vaksinasi massal tersebut sudah cukup baik karena telah diatur sedemikian rupa agar tetap bisa memenuhi protokol kesehatan pencegahan penularan Covid-19.

    Selain digelar di tempat yang relatif luas, pelaksanaan vaksinasi itu juga dibagi dalam beberapa tahap sehingga peserta yang berkumpul dalam waktu bersamaan bisa diatur. Tempat duduk di lokasi vaksinasi juga sudah diatur agar tetap bisa menjaga jarak satu sama lain.

    “Yang penting adalah bagaimana mengatur protokol kesehatannya, supaya semua menjaga jarak, pakai masker, dan mencuci tangan,” tutur Budi.

    Budi menambahkan, setelah pelaksanaan vaksinasi massal selesai, harus dilakukan evaluasi untuk mengetahui perbaikan yang dibutuhkan. Dari hasil evaluasi itu, diharapkan bisa dihasilkan semacam standar operasional prosedur (SOP) pelaksanaan vaksinasi massal Covid-19.

    “Dari acara ini, yang penting kita pelajari apa sih yang bisa diperbaiki. Mudah-mudahan nanti bisa dikeluarkan SOP supaya bisa direplikasi ke provinsi lain,” ujar dia.

    Budi juga menyebut, untuk melaksanakan vaksinasi massal seperti di DIY, dibutuhkan pula kerja sama yang erat di antara berbagai pihak berbeda, misalnya rumah sakit, dinas kesehatan, Kemenkes, dan PT Bio Farma selaku penyedia vaksin. “Kata kuncinya menurut saya satu, yakni kerja sama. Kalau sendiri sih enggak bakal bisa,” katanya.

    Persiapan singkat

    Direktur Utama RSUP Dr Sardjito, Rukmono Siswishanto, mengatakan, ada sekitar 3.300 nakes yang mendaftar mengikuti vaksinasi massal tersebut. Mereka yang mengikuti vaksinasi itu bukan hanya nakes seperti dokter, perawat, dan bidan, tetapi juga staf administrasi, karyawan bagian umum, petugas keamanan, petugas kebersihan, dan pekerja lain di fasilitas pelayanan kesehatan.

    Rukmono menambahkan, kegiatan vaksinasi massal itu disiapkan dalam waktu sangat singkat. Hal ini karena manajemen RSUP Dr Sardjito baru menerima perintah menggelar kegiatan itu pada Rabu (27/1/2021) pukul 10.00. Namun, berkat kerja sama erat di antara berbagai pihak, vaksinasi massal itu bisa dilaksanakan.

    “Kolaborasi itu menjadi kata kunci. Kalau kita peduli dan mau kolaborasi, ternyata bisa melakukan sesuatu dengan cepat. Kami diinstruksikan pukul 10 pagi kemarin, langsung kami bergerak,” tutur Rukmono.

    Banu menambahkan, sebelum disuntik vaksin, para nakes harus menjalani pemeriksaan awal lebih dulu. Hal itu dilakukan untuk melihat apakah mereka memenuhi syarat untuk menerima vaksin Covid-19 atau tidak. Selain itu, setelah disuntik vaksin, para peserta harus beristirahat selama sekitar 30 menit untuk melihat apakah ada efek samping atau tidak.

    “Peserta yang enggak mengalami efek apa-apa, bisa langsung mengambil kartu kontrol agar mereka bisa divaksin di tahap kedua,” tutur Banu.

    Banu juga menuturkan, dalam vaksinasi massal itu, panitia mendapat jatah 4.000 dosis vaksin yang dikirim langsung oleh PT Bio Farma. Oleh karena itu, vaksin yang dipakai dalam kegiatan tersebut bukanlah jatah vaksin yang diterima Dinas Kesehatan DIY beberapa hari sebelumnya.

    Salah seorang peserta vaksinasi massal, Aji Pangestu (22), mengatakan, dirinya datang ke lokasi vaksinasi massal sekitar pukul 13.00. Setelah antre dan menjalani berbagai tahapan, Aji baru bisa meninggalkan lokasi vaksin sekitar pukul 14.30. Oleh karena itu, dibutuhkan waktu sekitar satu setengah jam untuk mengikuti kegiatan vaksinasi massal tersebut.

    Meski begitu, Aji menyambut baik pelaksanaan vaksinasi massal itu. Sebab, dengan adanya kegiatan itu, dirinya bisa segera mendapatkan jatah vaksin Covid-19. “Sebelumnya saya mendaftar secara online, lalu diminta mengikuti vaksinasi di sini,” kata karyawan bagian umum salah satu rumah sakit di DIY itu.

    Tempat Wisata yang Ideal untuk Jaga Jarak, Ada Taman Nasional

     

    15 Januari 2021 | 7:54 pm

    Sekretaris Jenderal Indonesia Adventure Travel Trade Association (IATTA) Amalia Yunita mengatakan, destinasi wisata yang ideal untuk melakukan jaga jarak adalah kota kecil. “(Kemudian) pedesaan, taman nasional (TN), taman hutan rakyat (Tahura), hutan lindung, dan destinasi yang jarang dikunjungi atau remote area,” ujarnya. Hal tersebut dia ungkapkan dalam webinar IATTA bertajuk “Membangkitkan Kembali Pariwisata Indonesia Melalui Wisata Petualangan”, Kamis (14/1/2021).

    Untuk diketahui, saat ini Indonesia memiliki ribuan desa wisata. Di Jawa Barat (Jabar) sendiri, pada Oktober 2020, Dinas Pariwisata Provinsi Jabar telah mengklasifikasi 251 desa wisata untuk semakin dikembangkan. Jika ingin berkunjung, beberapa desa wisata yang tersebar di Jabar adalah Desa Wisata Cibuntu, Desa Wisata Pasanggrahan, Desa Wisata Sari Bunihayu, dan Desa Wisata Wangunharja.

    Sementara untuk TN, beberapa yang dimiliki oleh Indonesia adalah TN Gunung Halimun Salak, TN Alas Purwo, TN Baluran, TN Bali Barat, TN Lore Lindu, TN Kerinci, dan TN Way Kambas. Untuk tahura, salah satunya adalah Tahura Ir. H. Djuanda di Bandung. Tempat wisata tersebut merupakan tahura pertama di Indonesia berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 1985, mengutip situs resminya.

    Menurut Amelia, deretan destinasi wisata ideal untuk melakukan jaga jarak tersebut dapat dijadikan sebagai peluang bagi pelaku wisata petualangan untuk bangkit. Sebab, pandemi Covid-19 membuat wisatawan lebih suka melakukan perjalanan wisata domestik dan menuju ke destinasi wisata luar ruangan. “Pandemi ini mendorong orang-orang untuk pergi ke tempat di mana kita bisa menjual wisata petualangan,” jelasnya.

    Menurut Amelia, deretan destinasi wisata ideal untuk melakukan jaga jarak tersebut dapat dijadikan sebagai peluang bagi pelaku wisata petualangan untuk bangkit. Sebab, pandemi Covid-19 membuat wisatawan lebih suka melakukan perjalanan wisata domestik dan menuju ke destinasi wisata luar ruangan. “Pandemi ini mendorong orang-orang untuk pergi ke tempat di mana kita bisa menjual wisata petualangan,” jelasnya.

    Untuk kegiatan wisata petualangan sendiri, para wisatawan dapat mencoba berbagai kegiatan wisata baik di darat, air, maupun udara. Adapun, kegiatan wisata petualangan di darat beberapa di antaranya adalah panjat tebing, mendaki, atau trekking. Sementara untuk air terdapat diving, snorkeling, kayak, arung jeram, atau kanyoning yang mengombinasikan darat dan air. Untuk wisata petualangan di udara, salah satunya adalah paralayang.

    Banyak Masyarakat Tidak Mudik, Kemenhub Tetap Siapkan Antisipasi

     

    06 Desember 2020 | 6:12 pm

    Secara berkala Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) melakukan survei kepada masyarakat untuk mengambil langkah antisipasi terhadap kelancaran perjalanan transportasi darat. Dalam rangka menyambut libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021, Kemenhub mensurvei persepsi masyarakat untuk melakukan perjalanan pada periode tersebut.

    Budi Setiyadi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub, mengatakan, dari hasil survei terhadap 1.634 orang ditemukan 73 persennya memilih untuk tidak mudik atau bepergian pada akhir tahun nanti.

    Ada 73 persen yang tidak ingin melakukan perjalanan ini beralasan terkait waktu libur yang dipangkas dan juga adanya pandemi Covid-19,” ujar Budi, dalam webinar (4/12/2020). Adapun sekitar 27 persen masyarakat sisanya, tetap ingin melakukan perjalanan.

    Baik itu yang ingin liburan atau pulang ke kampung halaman. Meski begitu untuk mengantisipasi kepadatan jalan dan lonjakan penumpang, Kemenhub telah berkoordinasi dengan sejumlah operator layanan angkutan publik.

    Untuk mengantisipasi lonjakan yang cukup besar, sudah disiapkan sekitar 50.317 unit bus dan 218 kapal penyeberangan untuk yang ingin melakukan perjalanan,” ucap Budi. Budi juga mengatakan, pihaknya telah melakukan ramp check. Baik itu di terminal maupun di dermaga untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi penumpang.

    Maskapai Ini Tawarkan Jaminan Bebas Karantina Bagi Turis Inggris Raya

    29 Nov 2020 | 7:29 pm

    Selama berbulan-bulan, pembukaan perbatasan negara dan syarat karantina di seluruh dunia telah berubah-ubah akibat pandemi Covid-19. Namun melansir Lonely Planet, Kamis (26/11/2020), Virgin Atlantic Holidays menjamin wisatawan Inggris Raya dapat liburan musim dingin ke Karibia tanpa karantina saat kembali ke rumah.

    Melalui paket Escape Pass, wisatawan bisa berlibur hingga 14 hari di sebuah pulau misteri yang tidak akan diberi tahu kepada mereka hingga dua minggu sebelum penerbangan.

    Para pengguna Escape Pass hanya bisa memilih periode liburan seminggu atau dua minggu, hotel bintang yang akan dituju, dan kelas penerbangan. Destinasi termasuk Barbados, Antigua, Grenada dan Tobago, Jamaika, dan kepulauan Karibia lain rencananya akan dimasukkan dalam penawaran tersebut.

    Namun, hal tersebut baru akan terjadi saat Foreign, Commonwealth, and Development Office Inggris Raya menambahkan negara-negara tersebut ke daftar koridor perjalanan. Lebih dari setengah penduduk Inggris Raya mengatakan, mereka akan memesan perjalanan saat mereka sudah tahu ada 100 persen jaminan bahwa mereka tidak akan isolasi mandiri saat kembali.

    “Kami tahu pelanggan sudah tidak sabar untuk melancong setelah tahun yang sulit,” kata Chief Commercial Officer Virgin Atlantic, Juha Jarvinen, mengutip Lonely Planet. “Daftar teratas adalah liburan ke Karibia di mana pandemi Covid-19 telah dikelola dengan sangat baik.

    Hal ini memungkinkan wisatawan untuk menikmati matahari, laut, dan pantai dengan aman,” lanjutnya. Asuransi Covid-19 Pada Agustus 2020, maskapai penerbangan Virgin Atlantic mengumumkan bahwa mereka akan memberikan asuransi perlindungan Covid-19 gratis kepada seluruh penumpang hingga Maret 2021.

    Adapun, asuransi tersebut mencakup biaya medis yang dikeluarkan akibat Covid-19 termasuk repatriasi, biaya pemesanan dan karantina yang ditolak, akomodasi pribadi, biaya transportasi, makanan atau minuman, serta biaya perubahan pemesanan dan lain-lain.

    Banyak negara Karibia terkena dampak akibat kurangnya kegiatan pariwisata. Hal ini menyebabkan beberapa di antaranya menyambut pekerja jarak jauh dengan visa baru untuk tinggal dan bekerja di sana.

    Pendaftaran sudah dibuka bagi pekerja jarak jauh yang ingin pindah ke Barbados selama setahun. Sementara itu, Antigua dan Barbuda menawarkan program residensi dua tahun yang baru.

    Polisi Panggil Kadishub DKI Jakarta Terkait Penutupan Jalan Saat Acara Rizieq Shihab

     

    20 November 2020 | 6:15 pm

    Polisi memanggil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, terkait acara Maulid Nabi dan pernikahan putri pimpinan ormas Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab, di Petamburan, Jakarta Pusat pada 14 November 2020.

    Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, Syafrin dipanggil ke Mapolda Metro Jaya, Jumat (20/11/2020). Dia dimintai keterangan soal penutupan jalan saat acara Rizieq berlangsung. “Menyangkut adanya surat dari Dishub. Pada saat acara pernikahan anak dari Saudara RS untuk melaksanakan penutupan jalan, sehingga kami minta klarifikasinya,” kata Yusri kepada wartawan, Jumat.

    Yusri menjelaskan, ada tiga orang yang dijadwalkan dipanggil pada hari ini terkait pelanggaran protokol kesehatan pada acara Rizieq di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Namun, dua orang di antaranya tidak hadir dengan alasan adanya kegiatan. Pemanggilan mereka akan dijadwalkan ulang. “Dua menyatakan ada kegiatan sehingga tidak bisa hadir sehingga kami jadwalkan ulang.

    Untuk Kadishub DKI Jakarta sementara masih pemeriksaan,” ucap Yusri. Kerumunan massa pada acara Rizieq, yang digelar saat pandemi Covid-19 di Jakarta dan Jawa Barat, berbuntut panjang. Kapolda Metro Jaya Irjen Nana Sudjana dan Kapolda Jawa Barat Irjen Rudy Sufahriadi dicopot dari jabatannya karena dinilai lalai dalam menegakkan protokol kesehatan.

    Polda Metro Jaya juga telah memanggil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan untuk dimintai klarifikasi. Pemanggilan juga dilakukan terhadap Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara, Camat Tanah Abang Yassin Pasaribu, kepala KUA Tanah Abang, Bhabinkamtibmas, serta perangkat RT dan RW setempat. Panitia Maulid Nabi dan pernikahan putri Rizieq juga dimintai klarifikasi pada Rabu, kemarin.

    Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria dan saksi pernikahan putri Rizieq dipanggil. Namun, Riza dan saksi akad nikah putri Rizieq tidak hadir dalam pemanggilan dengan alasan berbeda. Riza tak hadir karena adanya kegiatan di luar Jakarta. Sementara saksi akad nikah putri Rizieq tidak hadir karena sakit.

    INKA Uji Coba Purwarupa Trem Baterai Berkapasitas 200 Penumpang

     

    10 Oktober 2020 | 8:12 pm

    PT Industri Kereta Api Indonesia (INKA) melakukan uji coba purwarupa kereta api berbasis ramah lingkungan berupa trem baterai. Kereta besutan anak bangsa ini dirancang bisa menampung 200 penumpang. Direktur Utama PT INKA Budi Noviantoro mengatakan, trem baterai itu bisa menempuh jarak 100 kilometer.

    Baterai merupakan satu-satunya sumber energi trem tersebut. Energi itu digunakan menggerakkan kereta dan mendukung sejumlah fitur seperti pendingin ruangan, lampu, dan kompresor. “Lantaran menggunakan baterai, dalam operasionalnya trem ini tentu sangat ramah lingkungan dan dapat digunakan di daerah yang tidak terdapat jalur catenary atau listrik aliran atas,” kata Budi di sela-sela uji coba purwarupa trem dengan rute Stasiun Madiun-Stasiun Babadan, Selasa (10/11/2020).

    Budi menjelaskan, purwarupa trem itu terdiri dari dua car, dengan satu satu car yang berfungsi sebagai unit penggerak.

    Sementara, car lainnya berfungsi sebagai kereta penumpang yang dilengkapi kursi. Kereta itu juga dilengkapi pegangan tangan bagian atas untuk penumpang berdiri. Budi mengklaim, trem buatan INKA tak bising dan biaya perawatannya murah.

    Moda transportasi trem cocok dioperasikan di kota besar untuk mengurangi kemacetan. Butuh waktu tiga sampai empat jam untuk mengisi baterai trem itu hingga penuh. Sekali pengisian daya, baterai purwarupa trem ini bisa menempuh perjalanan hingga 25 kilometer.

    Menurutnya, terdapat perbedaan purwarupa dengan trem yang bakal diproduksi. Dari aspek kecepatan, purwarupa bisa menempuh 30 kilometer per jam. Sementara, trem yang akan diproduksi bisa meluncur dengan kecepatan 60 kilometer per jam.

    Jarak tempuh pun juga berbeda. Baterai yang dipasang di purwarupa trem hanya bisa menempuh 25 kilometer. Sementara baterai trem yang diproduksi bisa menjangkau 100 kilometer. “Untuk charge baterainya membutuhkan waktu empat jam bisa penuh,” ungkap Budi. X Learn more Trem baterai itu akan digunakan di Pulau Dewata untuk menunjang pariwisata.

    INKA akan terus memperbarui baterai dan motor trem tersebut. Sehingga, trem buatan INKA bisa menempuh jarak lebih jauh dan baterai bertahan lebih lama. Terkait harga, satu unit trem baterai yang bisa mengangkut 200 penumpang itu dibanderol seharga Rp 12,5 miliar.

    Jakarta Raih Sustainable Transport Award 2021, Apa Itu?

     

    31 Oktober 2020 | 8:13 pm

    Untuk pertama kalinya, Jakarta sukses meraih Sustainable Transport Award (STA) 2021. Kesuksesan itu didapatkan berkat program integrasi antar-moda transportasi publik yang ambisius selama beberapa tahun terakhir. Penghargaan itu juga merupakan yang pertama untuk kawasan Asia Tenggara.

    Lantas, apa itu Sustainable Transport Award? Dilansir dari laman resminya, STA merupakan penghargaan tahunan yang diberikan kepada kota dengan proyek transportasi berkelanjutan dan inovatif. Tahun ini, jumlah kota yang ikut bersaing dalam penghargaan ini tertinggi dalam sejarah penyelenggaraannya. Pemenang dari STA dipilih oleh Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) dan Komite Pernghargaan Transportasi Berkelanjutan yang terdiri dari berbagai organisasi.

    ITDP bekerja dengan kota-kota di seluruh dunia untuk menghasilkan solusi transportasi demi mengurangi emisi gas rumah kaca, kemiskinan, dan meningkatkan kualitas kehidupan perkotaan. Kota-kota di seluruh dunia, terutama di negara berkembang, melibatkan ITDP untuk memberikan nasihat teknis dalam meningkatkan sistem transportasi mereka. ITDP menggunakan pengetahuannya untuk mempengaruhi kebijakan dan meningkatkan kesadaran secara global tentang peran transportasi berkelanjutan dalam menangani emisi gas rumah kaca, kemiskinan dan ketidaksetaraan sosial.

    Moda angkutan Tahun lalu, Kota Pune, India sukses meraih penghargaan ini. Pune merupakan kota dengan populasi lebih dari 3,5 juta orang yang berkembang pesat dengan ekonomi yang kuat. Pune memenangkan STA karena komitmennya yang semakin cepat terhadap semua moda angkutan yang berkelanjutan, terutama dengan pertumbuhan yang signifikan dalam infrastruktur pejalan kaki. Pada 2015, kota ini meluncurkan sistem Rainbow Bus Rapid Transit (BRT) yang memiliki memiliki fitur desain berkualitas tinggi dan praktik terbaik dan sukses menarik minat penggunanya dari mode transportasi lain.

    Moda angkutan

    Tahun lalu, Kota Pune, India sukses meraih penghargaan ini. Pune merupakan kota dengan populasi lebih dari 3,5 juta orang yang berkembang pesat dengan ekonomi yang kuat. Pune memenangkan STA karena komitmennya yang semakin cepat terhadap semua moda angkutan yang berkelanjutan, terutama dengan pertumbuhan yang signifikan dalam infrastruktur pejalan kaki. Pada 2015, kota ini meluncurkan sistem Rainbow Bus Rapid Transit (BRT) yang memiliki memiliki fitur desain berkualitas tinggi dan praktik terbaik dan sukses menarik minat penggunanya dari mode transportasi lain.

    Sebelum Pune, Kota Fortaleza, Brazil juga sukses meraih penghargaan itu. Kota ini telah menerapkan praktik yang baik di jalan mereka sejak 2014, termasuk pembagian ruang jalan yang adil. Selain itu, Fortaleza juga sukses mengurangi CO2 serta meningkatkan keselamatan jalan raya dengan memprioritaskan transportasi umum, bersepeda, dan berjalan kaki.

    Pendaki Gunung Slamet via Bambangan Hanya Bisa sampai Batas Aman

     

    23 Oktober 2020 | 8:43 AM

    Basecamp Gunung Slamet via Bambangan telah menyiapkan beberapa hal untuk menyambut pembukaan kembali jalur pendakian mulai Minggu (25/10/2020).

    Wakil Ketua pengelola basecamp Bambangan Aryo mengatakan, pihaknya sudah melakukan beberapa persiapan, di antaranya protokol kesehatan Covid-19 dan pemasangan plakat batas aman.

    “Dari kami sudah mempersiapkan peralatan protokol kesehatan, juga pemasangan plakat batas aman pendakian dan berkas-berkas lainnya.

    Pemasangan plakat tersebut guna mengingatkan pendaki agar tidak melebihi batas radius 1 kilometer (km) dari puncak kawah Gunung Slamet. Hal tersebut merupakan syarat dari Perhutani yang tertulis dalam Surat Pengumuman Nomor Pembukaan Kembali Pendakian Gunung Slamet Jalur Bambangan.

    Surat dikeluarkan pada Kamis (22/10/2020). “Pendakian hanya direkomendasikan sampai batas aman di Plawangan. Pengelola tidak bertanggung jawab atas segala risiko jika melakukan pendakian melebihi batas aman,” terangnya.

    Selain plakat batas aman, pihak basecamp juga telah membuat ketentuan pendakian pada masa adaptasi kebiasaan baru (AKB). Jelas Aryo, para pendaki harus mengikuti ketentuan pendakian, salah satunya adalah mematuhi protokol kesehatan Covid-19, seperti memakai masker dan membawa hand sanitizer.

    Ia juga mengingatkan pendaki agar membawa turun sampah miliknya dan dilarang melakukan vandalisme, serta merusak lingkungan, ekosistem, dan habitat yang ada. Para pendaki juga diminta mengikuti aturan batasan kuota new normal, yaitu 300 orang per hari untuk basecamp Bambangan.

    Tak hanya itu, tambah dia, pendaki diharapkan membawa surat keterangan rapid test Covid-19. Namun, jika tidak punya, bisa membawa surat keterangan sehat dari dokter daerah asal. Adapun tiket masuk pendakian Gunung Slamet yaitu Rp 25.000 per orang.

    Sebelumnya, Perhutani juga telah membuka dua jalur pendakian lain, yaitu via Gunung Malang, Purbalingga, sejak Selasa (13/10/2020). Kemudian, pada Kamis (22/10/2020) jalur pendakian via Baturraden, Banyumas, juga telah dibuka kembali.

    Alex Marquez Raih Podium Lagi, Valentino Rossi Beri Penilaian

    19 Oktober 2020 | 7:24 pm

    Rider Monster Yamaha Energy, Valentino Rossi menganggap keberhasilan Alex Marquez ( Repsol Honda) naik podium MotoGP Aragon sebagai alarm berbahaya. Alex Marquez sukses naik podium pada MotoGP Aragon, Minggu (18/10/2020) di Sirkuit Aragon, setelah berhasil finis di urutan kedua.

    Keberhasilan itu sekaligus menandai podium kedua Alex Marquez pada gelaran MotoGP 2020. Sebelumnya, adik Marc Marquez tersebut berhasil meraih podium pertamanya pada seri MotoGP Perancis.

    Selain Alex, pebalap Honda lainnya, Takaaki Nakagami, juga tampil agresif pada MotoGP Aragon. Takaaki Nakagami mengawali start pada posisi ke-7 dan berhasil finis di urutan ke-5, tepat di belakang Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha).

    Alex dan Nakagami juga tercatat sebagai dua pebalap yang belum pernah absen hingga seri ke-10 MotoGP 2020. Kondisi tersebut membuat Honda masih “hidup” meski ditinggal oleh Marc Marquez sejak seri pertama.

    The Doctor, julukan Rossi, merasa Honda mulai bangkit kembali. “Saya lihat Honda meningkat drastis, mereka dalam jalur yang benar,” kata Rossi kepada Sky Sport Italia.
    “Para pebalap memang memiliki beberapa kendala, tetapi mereka semua cepat,” ujar Valentino Rossi. “Gerakan mereka tepat dalam akselerasi yang juga cepat, dan di Aragon bukanlah hal yang mudah.”

    “Mereka dalam kondisi bagus, mereka memiliki kemajuan dan berbahaya,” tandas dia. Selain Alex Marquez maupun Honda, Rossi juga mewanti-wanti agar tim Yamaha waspada dengan pebalap dari Suzuki.

    Keberadaan Joan Mir (Suzuki Ecstar) yang berhasil merebut puncak klasemen dari Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) menjadi bukti. “Anda harus bisa mengatasi dengan (keberadaan) Suzuki,” kata Valentino Rossi dikutip situs yang sama.

    “Joan Mir sangat paham bahwa dirinya bisa juara dunia MotoGP 2020,” tutur The Doctor.

    Jokowi Teken Perpres Pengadaan dan Pelaksanaan Vaksin Covid-19

    07 Oktober 2020 | 6:32 pm

    Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2020 yang mengatur pengadaan dan pelaksanaan vaksin dalam rangka penanggulangan pandemi Covid-19. Perpres ini diteken Presiden Jokowi pada Senin (5/10/2020) dan diundangkan sehari setelahnya. Lewat perpres tersebut, pemerintah mengatur soal pengadaan, distribusi, hingga penyuntikan vaksin Covid-19.

    Proses pengadaan vaksin dilakukan oleh BUMN PT Bio Farma (Persero). Bio Farma dapat bekerja sama dengan badan usaha atau lembaga dalam negeri maupun internasional oleh Kementerian Luar Negeri setelah berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan.

    Adapun jenis dan jumlah pengadaan vaksin covid-19 ditetapkan oleh Menteri Kesehatan. Perpres tersebut juga mengatur kewenangan Menkes dalam menetapkan besaran harga pembelian vaksin covid-19.

    Penetapan harga pembelian vaksin Covid-19 harus dilaksanakan sesuai tata kelola yang baik, akuntabel, dan tidak ada konflik kepentingan. Apabila terjadi force majeur atau keadaan kahar maka kerja sama penyediaan vaksin covid-19 dapat dihentikan. Keadaan kahar ini merupakan kondisi ketika ada kejadian di luar kehendak dari yang disepakati dalam kontrak.

    Kemudian, proses pelaksanaan vaksinasi juga dilakukan oleh Kemenkes. Kemenkes diwajibkan untuk menetapkan kriteria dan prioritas penerima vaksin, prioritas wilayah penerima vaksin, jadwal dan tahapan pemberian vaksin, serta standar pelayanan vaksinasi.

    Kemenkes juga dapat bekerja sama dengan kementerian/lembaga, pemerintah daerah provinsi, pemerintah daerah kabupaten/kota, badan usaha milik negara atau badan usaha swasta, organisasi profesi/kemasyarakatan, dan pihak lainnya dalam melakukan vaksinasi.

    Pemerintah sendiri menargetkan vaksin Covid-19 bisa tersedia pada Januari 2021. Saat ini, vaksin Covid-19 yang dikembangkan berbagai pihak masih dalam tahap uji klinis.

    Indonesia menempuh dua jalur dalam mendapatkan vaksin Covid-19. Untuk jangka pendek, Indonesia bekerja sama dengan perusahaan medis asal China, Sinovac, dan G42 yang berpusat di Uni Emirat Arab. Vaksin dari Sinovac kini tengah dilakukan uji klinis tahap ketiga di Bandung, Jawa Barat.

    Sedangkan vaksin dari G42 tengah menjalani uji klinis tahap ketiga di Uni Emirat Arab. X Learn more Adapun dalam rangka membangun ketahanan nasional, Indonesia mengembangkan vaksin Merah Putih yang programnya dijalankan oleh Lembaga Biologi Molekuler Eijkman. Saat ini vaksin Merah Putih baru dalam tahap pengembangan awal dan belum dilakukan uji klinis.

    Kamis, Presiden Jokowi Berkunjung ke Labuan Bajo, NTT

    30 Sept 2020 | 7:24 pm

    Presiden Joko Widodo kembali melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur ( NTT). “Rencananya Bapak Presiden berkunjung ke Labuan Bajo besok,” kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setda NTT Marius Ardu Jelamu melalui sambungan telepon, Rabu (30/9/2020) petang.

    Marius menyebut, kunjungan kerja Presiden Jokowi kali ini, dalam rangka melihat secara dekat pembangunan proyek APBN Tahun Anggaran 2020 di Labuan Bajo yang merupakan destinasi super premium.

    Selain itu, kata Marius, Presiden Jokowi juga akan meninjau pembangunan Pelabuhan Waikalambu Labuan Bajo yang progresnya sudah mencapai lebih kurang 50 persen. Jokowi juga disebut akan berkunjung ke Bukit Waringin yang merupakan pusat ekonomi kreatif.

    Selanjutnya, Jokowi meninjau Pelabuhan Marina dan Batu Cermin. Setelah mengunjungi destinasi, lanjut Marius, Jokowi akan mendengarkan paparan pembangunan perpanjangan Bandara Komodo.

    “Kunjungan Bapak Presiden hanya satu hari saja. Sorenya langsung kembali ke Jakarta,” ujar dia. Saat ini, Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat sudah melakukan berbagai persiapan dalam rangka kedatangan Presiden.

    Pemkot Bekasi Akan Pasang Layanan Netflix di Ruang Isolasi di Stadion Patriot agar Pasien Covid-19 Tak Jenuh

     

    22 Sept 2020 | 07:12 am

    Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi mengatakan akan memasang televisi dengan layanan Netflix di Stadion Patriot Chandrabaga yang kini jadi rumah sakit darurat Covid-19. “Coba dipikirkanlah, pasang kira-kira televisi 42 inchi, kasih Netflix biar dia (pasien Covid-19) nonton. Nanti satu ruangan satu televisi,” kata Rahmat saat memberi pengarahan kepada ke Dinas Keseahtan Kota Bekasi, Senin (21/9/2020).

    Netflix merupakan salah satu penyedia layanan media streaming digital yang berkantor pusat di AS. Bisnis utama perusahaan itu adalah layanan berlangganan streaming yang menawarkan film dan program televisi. Menurut Rahmat, dengan adanya layanan Netflix, pasien Covid-19 diharapkan tidak jenuh atau stres selama di ruang isolasi.

    “Biar dia bisa senang (dipasang televisi dengan layanan Netflix). Nanti satu ruangan satu televisi. Jadi saya kira lebih representatif di sini (isolasi) daripada di rumah,” kata Rahmat. Kadinkes Kota Bekasi, Tanti Rohilawati mengatakan, akan menyiapkan televisi dengan layanan Netflix tersebut di tiap ruang isolasi.

    Menurut dia, fasilitas yang ada di RSD Patriot Chandrabaga telah sesuai dengan prosedur rumah sakit darurat. “Fasilitas di ruang darurat isolasi di stadion ini, dimana sekarang fasilitas yang sudah dilengkapi sesuai dengan standar darurat. Kami punya tiap kamar satu pasien,” kata dia. “Kemudian untuk tekanan negatifnya (Hepa Filter) sudah kami lengkapi, oksigen sudah ada, untuk infus juga apabila diperlukan.

    Kami juga tadi diminta untuk melengkapi dengan televisi untuk mengantisipasi ada kejenuhan dari pasien,” tambah Tanti. Kemarin, satu pasien Covid-19 dengan status orang tanpa gejala (OTG) mulai menjalani perawatan di Stadion Patriot Chandrabaga itu. “Hari ini sudah ada, Pak E, umur 33 tahun yang dirawat. Ini masih muda, biasanya di atas 55 sampai 60-an. Ini orang pertama dari 57 bed yang kami sediakan untuk isolasi,” kata Rahmat Effendi kepada wartawan, kemarin.

    Rahmat menyampaikan, pasien Covid-19 pertama yang dirawat di Stadion Patriot adalah warga Rawalumbu.

    Tingkatkan Pariwisata, Pemerintah Thailand Bayari Warganya Berlibur di Dalam Negeri

     

    14 Sept 2020 | 8:28 pm

    Seperti banyak negara lain di dunia yang terkena dampak pandemi Covid-19, Thailand juga sedang berjuang untuk menghidupkan kembali perekonomian dengan membayar sebagian warga untuk berlibur di dalam negeri.

    Thailand termasuk negara yang berhasil menekan kasus corona, tapi membuka penuh negaranya untuk turis asing masih belum dilakukan karena kekhawatiran timbulunya gelombang kedua. Pemerintah Thailand telah menganjurkan warganya untuk berlibur di dalam negeri, yang sebagian biayanya akan ditanggung.

    Sejauh ini sekitar 800 ribu warga Thailand sudah menggunakan fasilitas tersebut dan seorang diantaranya adalah Nattaya Sinsmyther. Setelah 16 minggu menjalani lockdown termasuk jam malam dan pelarangan penjualan alkohol, Nattaya menggunakan kupon yang diberikan pemerintah untuk berlibur ke Chiang Mai di kawasan utara Thailand.

    “Saya senang sekali karena sudah merasa jenuh di rumah saja selama empat bulan,” kata perempuan berusia 35 tahun tersebut, yang tinggal di Pattaya, sekitar 147 km dari ibukota Thailand Bangkok. “Saya dan pacar saya suka bepergian, setiap tahun kami pergi ke luar negeri, bahkan liburan di dalam negeri, jadi kalau tidak bisa bepergian, rasanya jenuh.

    ” Skema bantuan dari Pemerintah Thailand telah disambut baik oleh kalangan bisnis yang sangat terkena dampak pandemi Covid-19.

    Restoran milik Pornthip Aeng-chaun di kota pantai Krabi di Thailand Selatan, sekitar 606 km dari Bangkok, mulai dipenuhi dengan tamu yang datang. “Subsidi agar warga bisa berlibur ini bagus sekali sehingga semakin banyak orang datang ke restoran,” kata Pornthip.

    “Saya kira kami mendapat tamu 50 persen lebih banyak karenanya. Saya ingin subsidi ini terus dijalankan, bila tidak berlanjut kami tidak akan bisa bertahan.” Para pemilik hotel di sekitar pantao Krabi juga mengatakan tamu semakin banyak. Namun menurut pemilik hotel Woody Eupapantawong di Chiang Mai mengatakan bisnisnya baru akan tercapai jika turis asing sudah boleh masuk, meski bantuan pemerintah bisa membantu mereka bertahan.

    Learn more “Saya 100 persen mendukung usaha yang dilakukan pemerintah Thailand untuk menganjurkan warga berlibur di dalam negeri,” katanya.

    Pemerintah Thailand sudah menganggarkan dana sekitar Rp 5 miliar dengan dana diberikan langsung kepada warga lewat aplikasi di ponsel mereka. Semua kegiatan wisata mulai dari pemesanan hotel sampai membayar makanan di restoran dilakukan melalui aplikasi dan skema itu hanya bisa digunakan untuk bisnis yang terdaftar. Warga Thailand yang mendaftar akan mendapat diskon 40 persen untuk tiket pesawat dan biaya penginapan selama 10 hari.

    Setelah mereka masuk ke hotel, mereka diberikan lagi uang yang langsung diterima di aplikasi mereka, yaitu Rp 250 ribu di akhir pekan, dan Rp 380 ribu selama masa hari biasa.

    Hamid Karzai: AS adalah Akar Masalah dari Seluruh Konflik di Afghanistan

     

    07 Sept 2020 | 7:17 pm

    Mantan presiden Afganistan, Hamid Karzai mengatakan bahwa kesalahan fatal telah dibuat Amerika Serikat di negaranya yaitu memberikan harapan bahwa negosiasi-negosiasi yang berlangsung di internal Afganistan dengan Taliban yang mana dimediasi oleh Washington akan memberikan perdamaian abadi.

    “Kesalahan fatal telah dibuat Amerika Serikat. Mereka tidak berperang terhadap terorisme tetapi malah melukai dan menangkapi orang-orang Afghanistan,” ungkap Karzai, seperti dilansir dari Al Arabiya, Senin, (7/9/2020).

    “Mereka juga membom desa-desa Afghanistan, hal tersebut menjadi akar masalah yang kami hadapi sekarang dan itu menjadi penolakan saya kepada Amerika Serikat,” tambah Karzai.

    Karzai menjadi presiden Afganistan setelah invasi yang dipimpin AS pada tahun 2001. Karzai mendukung wacana perdamaian antara ke dua belah pihak yang berseteru untuk mengakhiri perang yang sudah berlangsung kurang lebih dua dekade di Afganistan.

    “Untuk memulai perbincangan, hal yang paling penting dalam suatu kesepakatan adalah penghentian permusuhan dan pertikaian internal di Afghanistan, dan penarikan pasukan AS serta kembalinya Afghanistan ke dialog internal dan wacana perdamaian. Hal ini merupakan prinsip dasar yang kami setujui,” ungkap Karzai.

    “Aspirasi-aspirasi untuk Afghanistan sama, yaitu kedamaian, kestabilan dan persatuan. Sekarang bagaimana untuk bekerja, memerintah dan bergerak menuju hal tersebut, mungkin ada beberapa perbedaan pemahaman, yaitu pemahaman dari nilai-nilai tertentu dalam masyarakat, pemahaman bagaimana memulai kemajuan. Kemajuan ini yang perlu didiskusikan, dan saya yakin kesepakatan akan terbentuk,” tambah mantan Presiden tersebut. (LBS/MTD)

    Tepat Hari ini, Sudah 6 Bulan Pandemi Covid-19 Menyerang Indonesia

     

    02 Sept 2020 | 8:35 pm

    Hari ini, Rabu (2/9/2020) tepat enam bulan Indonesia menghadapi pandemi Covid-19. Berikut kilas balik perkembangan pandemi enam bulan pertama tahun ini. Pada tanggal 9 Januari WHO mengumumkan bahwa ada Pneumonia misterius terkait virus corona di Wuhan, China.

    Pada Awalnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) masih meragukan akar dari apa yang akan menjadi pandemi Covid-19, mengingat serentetan kasus mirip pneumonia di Wuhan bisa jadi berasal dari virus corona baru. Hingga saat itu sudah ada 59 kasus, dan tindakan pencegahan perjalanan sudah menjadi perhatian utama para ahli, dilansir dari AJMC, (4/7/2020).

    Kemudian, pada 21 Januari Ilmuwan Tiongkok mulai mengonfirmasi bahwa Covid-19 bisa Menular ke Manusia. Namun, WHO masih belum yakin tentang perlunya mengumumkan darurat kesehatan masyarakat. Pada titik ini, novel coronavirus 2019 telah membunuh 4 orang dan menginfeksi lebih dari 200 orang di China, sebelum Zhong Nanshan, MD, akhirnya mengonfirmasi bahwa virus itu dapat ditularkan dari orang ke orang.

    Lalu, WHO mengeluarkan Darurat Kesehatan Global pada 31 Januari. Dengan angka kematian di seluruh dunia lebih dari 200 dan lonjakan eksponensial menjadi lebih dari 9800 kasus. WHO akhirnya mengumumkan keadaan darurat kesehatan masyarakat, untuk yang keenam kalinya. Penularan dari manusia ke manusia dengan cepat menyebar dan sekarang dapat ditemukan di Amerika Serikat, Jerman, Jepang, Vietnam, dan Taiwan.

    CDC mulai mengatakan Covid-19 menuju status pandemi pada 25 Februari 2020. Nancy Messonnier, MD, direktur Pusat Nasional untuk Imunisasi dan Penyakit Pernapasan CDC, menjelaskan apa yang menandakan pandemi. “Sejauh ini Covid-19 memenuhi 2 dari 3 faktor yang diperlukan: penyakit yang mengakibatkan kematian dan orang-ke-orang yang berkelanjutan.

    Penyebaran di seluruh dunia adalah kriteria ketiga yang belum terpenuhi saat itu,” ungkap Nancy. Pada akhirnya tanggal 11 Maret 2020, WHO Menyatakan Covid-19 sebagai Pandemi. Saat menyatakan Covid-19 sebagai pandemi, Tedros Adhanom Ghebreyesus, direktur jenderal WHO, mengatakan pada sebuah pengarahan di Jenewa bahwa badan tersebut sangat prihatin dengan tingkat penyebaran dan keparahan yang mengkhawatirkan dari wabah tersebut.

    Dia juga mengungkapkan keprihatinan tentang “tingkat kelambanan yang mengkhawatirkan.” Pada 2 Maret 2020, untuk pertama kalinya pemerintah mengumumkan dua kasus pasien positif Covid-19 di Indonesia. Hingga saat ini seluruh dunia masih dalam proses pengembangan vaksin. Indonesia juga dalam tahapan pengembangan vaksi dan melakukan dua kolaborasi. Kolaborasi jangka pendek atau menengah, merupakan kolaborasi Internasional dengan CEPI (Coalition for Epidemic Preparedness Innovations) dan Sinovac. Kolaborasi jangka panjang dengan Konsorsium Nasional. Protokol kesehatan tetap harus di lakukan hingga vaksin ditemukan. Bahkan, jika vaksin sudah ditemukan, maka masyarakat harus tetap menjalankan protokol kesehatan, 3M yaitu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

    [motov4_spacer desk_hegiht=”30″ mob_hegiht=”0px”]

    Scroll to Top